4
10

6 Cara Menanam Kacang Panjang Anti Gagal (untuk Petani Pemula)

Kacang panjang merupakan tanaman yang sangat bergizi dan lezat untuk diolah sebagai makanan. Kalau Anda ingin menanam sesuatu yang bermanfaat, maka mempelajari cara menanam kacang panjang merupakan sesuatu yang tepat, lho.

Secara garis besar, setelah memilih bibit yang baik, cara menanam kacang panjang berikutnya berturut-turut adalah dengan menyiapkan lahan, menanam di musim penghujan, menyulam tanaman, lalu menyianginya hingga masa panen datang.

Namun, mengapa kacang panjang? Adakah gizi yang terkandung di dalamnya?

Manfaat Mengonsumsi Kacang Panjang

  • Kaya Serat

Layaknya sayuran hijau lain, kacang panjang kaya akan serat. Kalau Anda tengah melakukan diet, mengonsumsi kacang panjang tentu adalah pilihan yang sangat tepat.

  • Tinggi Asam Folat

Bagi ibu hamil, asam folat yang terkandung di dalam kacang panjang bisa memperkuat janin. Selain itu, bila dikonsumsi secara rutin, kacang panjang juga dapat memperlancar air susu ibu.

Dengan kandungan yang sangat menyehatkan tersebut, tak berlebihan rasanya jika kacang panjang digolongkan menjadi tanaman toga.

  • Menghemat Waktu

Berbeda dengan bibit-bibit tanaman lainnya, bibit kacang panjang tidak membutuhkan penyemaian. Dengan melewati tahapan penyemaian ini, secara otomatis waktu penanaman akan lebih singkat.

Persiapan Sebelum Penanaman Bibit Kacang Panjang

cara budidaya kacang panjang

youtube.com

Mempersiapkan Bibit Kacang Panjang

Untuk mempersingkat waktu, Anda tak perlu mempersiapkan bibit secara manual melalui tanaman kacang panjang yang sebelumnya sudah tumbuh. Bagi pemula, membeli bibit di toko tanaman adalah solusi yang amat tepat.

Namun, Anda harus tetap jeli. Periksa apakah bibit yang akan Anda gunakan memang berkualitas atau justru rentan tidak tumbuh. Bibit kacang panjang yang berkualitas memiliki warna yang kusam, tidak dihinggapi oleh hama, dan tidak rusak.

Mempersiapkan Lahan

Persiapan lahan kacang panjang ini cukup mudah, tetapi membutuhkan ketekunan. Pertama-tama, Anda harus membajak tanah supaya lebih subur dan gembur. Selain itu, bersihkan dari gulma atau rumput yang sangat mengganggu.

Kemudian, jangan lupa untuk memberikan pupuk kacang panjang pada tanah. Pupuk berguna sebagai nutrisi bagi kacang panjang agar berbuah lebat, bisa tumbuh lebih cepat, dan lebih subur. Kemudian, diamkan tanah selama tujuh hari hingga proses penanaman.

Setelah itu, buatlah bedengan. Bedengan ini berfungsi agar kacang panjang tidak terbenam. Pasalnya, jarak antara satu bedengan dengan lainnya akan berfungsi sebagai pengairan untuk tanaman kacang panjang.

Masa Penanaman Bibit Kacang Panjang

cara menanam kacang panjang di polybag

8villages.com

Quote:

Kacang panjang akan lebih baik ditanam pada saat musim penghujan. Di musim penghujan, tanah lebih basah dan hal ini baik untuk kacang panjang. Kacang panjang tidak akan mati dan akan mendapatkan asupan air yang cukup.

Kemudian di setiap lubang, tanamlah dua benih dengan kedalaman yang cukup. Setelah itu, tutupi lubang dengan tanah yang sebelumnya sudah diberi pupuk. Pastikan benih tidak menyembul dan terlindungi oleh tanah.

Perlu diingat bahwa kacang panjang ini tidak dapat tumbuh di ketinggian lebih dari 800 mdpl. Jadi, lihatlah terlebih dahulu kondisi geografis rumah Anda sebelum memutuskan untuk membudidayakan tanaman kacang panjang.

Perawatan Tanaman Kacang Panjang Setalah Tanam

menanam kacang panjang

dekoruma.com

Setelah menanam, Anda harus mengetahui dua cara merawat kacang panjang. Berikut penjelasannya.

Menyulam Tanaman

Istilah ‘menyulam’ tentu asing bagi Anda yang belum pernah bercocok tanam. Artinya, yaitu mencabuti tanaman-tanaman yang rusak atau gagal tumbuh di lahan.

Tanaman yang rusak, selain tidak elok dipandang, akan berbahaya bagi tanaman lain yang bisa tumbuh dengan baik. Tanaman-tanaman yang rusak ini akan mengambil gizi dan air dari dalam tanah.

Hal ini serupa dengan merawat bunga matahari yang batangnya harus rutin dipotong jika terdapat bagian yang kering (baca: cara merawat bunga matahari).

Namun, perlu diingat untuk tetap berhati-hati pada saat Anda akan mencabuti tanaman kacang panjang yang rusak. Jangan sampai tanaman yang baik ikut tercabut secara tidak sengaja.

Menyiangi Kacang Panjang

Meskipun rumput, gulma, dan sebagainya sudah dicabuti pada awal masa tanam, tetap saja Anda tidak bisa mengontrol alam sepenuhnya. Akan datang saat di mana rerumputan liar bahkan gulma tumbuh di sekitar tanaman.

Di waktu tersebut, Anda wajib menyiangi tanaman. Gulma dan tanaman liar bukan hanya harus dihilangkan karena mengganggu pemandangan, mereka bisa mengambil gizi dari kacang panjang dan menghambat pertumbuhannya. Kondisi itu sangat merugikan.

Baca Artikel Terkait : Cara Menanam Anggrek

Memanen Kacang Panjang

Tanda-tanda kacang panjang sudah siap panen adalah sebagai berikut.

  • Usianya mencapai 3–4 bulan;
  • Sudah tumbuh dengan baik;
  • biji kacang panjang sudah tidak terlalu terlihat atau sudah terlindungi di bagian dalam; dan
  • batangnya mudah dipatahkan.

Bagaimana kiat untuk mendapatkan kacang panjang segar? Cobalah untuk memanen kacang panjang di pagi hari. Kondisi kacang panjang sangat bagus dan rasanya pun akan lebih lezat dengan kandungan air yang tentunya lebih banyak.

Budidaya kacang panjang tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur Anda, Anda juga bisa menjadikannya bisnis tanaman organik yang amat potensial dan memberikan penghasilan tambahan.

Menanam kacang panjang tidak terlalu sulit, tetapi Anda membutuhkan ketelitian dan lahan yang cukup lapang. Memang Anda tidak harus memiliki lahan luas layaknya padi, tetapi lahan yang terlampau sempit tidak baik untuk pertumbuhan kacang panjang.

Nah, setelah mengetahui cara menanam kacang panjang, kini saatnya bagi Anda untuk memulai. Buatlah persiapan yang matang dan jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan perawatan, seperti memberi pupuk dan menyiram tanaman ini.

 

 

Show Comments

One Response

  1. niken swastika September 4, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)