3
3

Cara Membuat Bonsai

Cara membuat bonsai tanaman hias penting diketahui untuk Anda yang ingin memiliki tanaman indah untuk mempercantik taman di halaman rumah.

Bonsai sebenarnya merupakan teknik yang digunakan untuk membuat tanaman. Nah, dari pengertian ini, ada cukup banyak tanaman yang bisa dibentuk menjadi bonsai, terutama untuk tanaman yang memiliki usia relatif panjang.

Tentu, menanam tanaman bonsai memerlukan teknik khusus yang berbeda dengan cara menanam tanaman hortikultura atau sejenisnya dengan teknik biasa. Lalu, bagaimana cara membuat bonsai tersebut? Kita akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Tips dan Cara Membuat Bonsai yang Tepat

cara membuat bonsai kelapa

pxhere.com

Ada beberapa cara membuat tanaman bonsai yang harus diperhatikan agar hasil penanaman tersebut bisa maksimal dan tentu Anda akan memiliki bonsai yang indah dan bagus. Jika disimak, cara membuat tanaman ini tidak terlalu sulit untuk pemula sekalipun.

Nah, adapun cara yang harus dilakukan untuk membuat tanaman bonsai tersebut adalah sebagai berikut.

Pemilihan Bibit Tanaman Bonsai

cara membuat tanaman bonsai

olx.com

Pemilihan bibit menjadi hal yang pertama yang begitu penting untuk dilakukan untuk membuat bonsai. Bibit yang digunakan ini bisa diambil langsung dari tanaman yang akan dijadikan bonsai. Artinya, Anda tidak perlu melakukan proses semai terlebih dahulu.

Namun, pemilihan bibit harus dilakukan dengan cermat. Misalnya saja, pohon yang akan dijadikan bonsai harus memiliki cabang yang nantinya cabang tersebut akan dijadikan objek bonsai untuk membentuk tanaman.

Ada cukup banyak pohon yang bisa diandalkan untuk membuat bonsai ini. Salah satunya yang sekarang ini sedang tren, adalah pohon asem di mana pohon ini memiliki usia hidup yang panjang.

Memilih Media Tanam

cara buat bonsai kelapa

medium.com

Seiring bonsai adalah tanaman hias dan ditanam pada pot yang kecil, maka nutrisi yang didapatkan untuk tumbuh cenderung akan terbatas. Misalnya saja, Anda membuat bonsai beringin, maka beringin tersebut harus mendapatkan nutrisi stabil meskipun di pot kecil.

Oleh karena itu, pemilihan media tanam menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan media tanam yang tepat, tentu saja bonsai bisa tumbuh dengan baik dan tidak mengalami masalah.

Ada beberapa media tanam yang bisa digunakan untuk menanam bonsai tersebut, seperti:

  • Pasir – karena sifatnya yang mudah menghantarkan air, maka pasir bisa mencegah air terlalu lama berada di dalam pot. Pasir ini juga akan mempermudah udara masuk ke dalam pot
  • Tanah – ini adalah media tanam utama yang digunakan. Dalam budidaya bonsai, maka tanah yang digunakan adalah tanah gunung yang memiliki warna cokelat tua, merah atau hitam.
  • Humus – ini adalah media tanam untuk sumber nutrisi. Humus yang digunakan biasanya adalah daun atau ranting yang sudah mengalami proses pelapukan secara natural dengan interval waktu yang cukup lama.
  • Pupuk organik – untuk tambahan nutrisi, digunakan pupuk organik. Pupuk ini berasal dari kotoran kambing yang memiliki warna cenderung hitam dan tidak berbau,

Teknik Menanam Tumbuhan Bonsai

 

Salah satu hal yang paling penting untuk diketahui dalam cara membuat bonsai adalah teknik penanaman bonsai tersebut. Jika Anda sudah mendapatkan bibit bonsai yang baik, misalnya bonsai serut atau bonsai kelapa, maka bersihkan terlebih dahulu sela-sela batang pohon tersebut.

Gunakan kuas untuk membersihkannya. Setelah itu, pangkas bagian bonggol akar dari tanaman tersebut. Pemangkasan ini adalah hal yang penting untuk dilakukan guna membuat tanaman bonsai tidak akan memakan banyak ruang pada media tanam yang digunakan.

Sebagaimana diketahui bahwa tanaman bonsai ditanam dalam media tanam yang terbatas, sehingga ukuran tanaman harus diperhatikan. Berbeda dengan cara menanam terong, jika tanaman ini sudah tumbuh, maka tidak perlu merapikan bagian akar.

Membentuk Bonsai dengan Kawat

cara bikin bonsai kelapa

8villages.com

Bagian terpenting dari cara membuat bonsai adalah cara pembentukan bonsai tersebut. Ini adalah hal yang begitu berpengaruh karena bagaimana Anda membentuk bonsai, maka bentuk itu yang akan Anda dapatkan.

Dalam pembentukan bonsai pada umumnya, termasuk beringin Korea yang sudah sangat terkenal sebagai pilihan bonsai yang tepat, pembentukan dilakukan dengan menggunakan kawat. Nah, dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kawat stainless steel dengan ukuran 3 mm.

Lalu, bagaimana cara untuk membentuk bonsai tersebut?

Dengan menggunakan kawat, Anda hanya perlu untuk melilitkan kawat tersebut sekencang mungkin pada bagian dahan dari pohon. Lihatlah beberapa contoh lilitan kawat pada bonsai untuk mendapatkan inspirasi mengenai cara untuk membentuk bunga bonsai tersebut.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati ketika hendak melilitkan kawat pada tanaman bonsai. Memang, lilitan kawat harus kencang. Hanya saja, lakukan sesuai dengan pola yang ingin dibentuk dan juga tetap berhati-hati agar lilitan tidak merusak bagian kulit luar pohon tersebut.

Cara Perawatan Tanaman Bonsai

cara membuat bonsai serut

dekoruma.com

Hal lain yang tidak boleh dilupakan dalam penanaman bonsai adalah cara perawatannya. Dari sekian banyak jenis tanaman, semuanya memerlukan perawatan untuk bisa tumbuh dengan baik dan tidak kekurangan nutrisi.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan pada bonsai adalah sebagai berikut.

Tips Menjaga Nutrisi

Pemberian pupuk menjadi hal penting untuk perawatan bonsai. Berikan tanaman tersebut pupuk yang sesuai dengan kadar yang tepat agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Hal yang sama juga diperlukan dalam cara menanam timun.

Lepas Kawat Penyangga Secara Teratur

Ketika bonsai mulai tumbuh, mulailah untuk melepas kawat yang melilit. Lakukan cara ini dengan teratur di mana jangka waktu pelepasan tidak terlalu dekat. Hal ini dimaksudkan agar tanaman bonsai bisa tumbuh dan terbentuk secara sempurna.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara membuat bonsai yang bisa dilakukan. Tentu, harga bonsai bisa tinggi jika tanaman tersebut berhasil dibentuk secara baik dan tumbuh dengan sempurna.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.