8
23

5 Tips Mudah Cara Menanam Bawang Merah (Tips Panen Banyak)

Bawang merah berasal dari negara “Iran” dan “Pakistan” yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Selain itu, cara menaman bawang merah juga relatif mudah, sehingga ketersediaannya begitu melimpah.

Saat ini bawang merah menjadi bibit unggulan yang banyak ditanam karena memiliki nilai jual tinggi. Kini saatnya Anda mengambil peluang yang menguntungkan ini dengan menanamnya sendiri di rumah.

Bagaimana caranya agar berhasil dan panen banyak? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Table of Contents

Tempat Menanam Bawang Merah

cara menanam bawang merah

mediatani.co

 

Budidaya bawang merah sebenarnya tidak memerlukan tahapan yang “ribet” sama halnya seperti cara menanam cabe. Cara penanaman bawang tidak memerlukan tanah yang luas. Tanah yang sempit pun akan dapat menghasilkan panen bawang merah yang melimpah.

Langkah pertama, yaitu memilih wadah yang tepat untuk menamam bawang merah ini. Wadah yang dapat Anda pilih adalah pot atau pun polybag. Anda dapat menanam bawang merah tersebut di pot gantung atau pun polybag.

Quote:

Usahakan pilihlah pot yang berlubang sebagai tempat keluarnya air, karena jika pot tertutup rapat maka air di dalam pot tidak akan dapat keluar. Akibatnya, akan ada kelebihan air yang dapat merusak tanaman tersebut.

Pemilihan jenis pot juga harus Anda perhatikan, karena akan berpengaruh pada hasil panen nantinya. Anda dapat memilih jenis pot gantung atau pun pot yang diletakkan di tanah.

Apabila anda memilih jenis pot gantung, perhatikanlah berat pot tersebut agar mampu menopang tanah. Tanah di dalam pot gantung ketika sudah disiram tentunya akan semakin berat.

Oleh karena itu, pilihlah pot yang sekiranya mampu menahan beban berat tanah. Jangan sampai pot gantung yang dipilih tidak dapat menahan beban tersebut, akibatnya pot gantung dapat putus dan jebol.

Sementara, jika Anda menanam bawang merah dalam polybag, jangan lupa untuk melubangi bagian bawahnya sebagai jalan air untuk keluar. Buatlah beberapa lubang dengan ukuran yang sedang, agar tanah tetap tersimpan.

Selain menggunakan polybag, Anda juga dapat menggunakan teknik hidroponik untuk menghemat tanah. Teknik ini dikenal menggunakan media paralon sebagai alat untuk menanamnya. Kelebihannya, cara ini juga praktis dan tidak memerlukan banyak tempat.

Cara Menanam Bibit Bawang Merah

cara menanam bawang merah yang baik dan benar

pixabay.com

Tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan bibit bawang merah yang akan ditanam. Terdapat banyak sekali jenis bawang merah yang bisa Anda tanam. Carilah bibit paling unggul agar panen yang dihasilkan pun mempunyai kualitas yang tinggi.

Anda dapat membeli benih bawang merah unggulan atau pun menggunakan bawang merah secara langsung. Apabila Anda memilih bawang merah secara langsung untuk ditanam, pilihlah bawang yang sudah tua.

Biasanya, bawang merah yang sudah tua akan memiliki warna yang cenderung lebih gelap. Selain itu, pilihlah bawang merah tunggal atau tidak memiliki “anak”. Pilih juga bawang merah yang telah memiliki tunas di bagian atas dan bawahnya.

Ini menandakan bahwa bawang tersebut juga sudah tua. Terakhir, pilihlah bawang merah yang masih segar dengan kondisi baik dan tidak kusut.

Cara menanam bawang merah yang selanjutnya, yaitu mempersiapkan bibit unggulan dan mempersiapkan tanah yang akan digunakan untuk menanam.

Gunakanlah tanah yang subur dan berhumus agar tanaman bawang merah dapat tumbuh dengan baik, tanpa kekurangan nutrisi. Jangan lupa pula untuk menggunakan pupuk dasar agar hasil panen semakin berkualitas.

Anda dapat menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang yang lebih aman dan tidak mempunyai zat kimia. Sehingga, kualitas dari bawang merah akan lebih bagus.

Cara Menanam Bawang Merah Agar Panen Bawang Melimpah

cara tanam bawang merah

pixabay.com

Setelah menyediakan media untuk menanam seperti pot dan tanah, kini tiba saatnya pada langkah-langkah penanamannya. Langkah-langkah cara tanam bawang merah adalah sebagai berikut.

  • Masukkan terlebih dahulu tanah berhumus yang sudah disiapkan tadi ke dalam pot atau pun polybag.
  • Selanjutnya, siram tanah terlebih dahulu dengan air secukupnya agar tanah memiliki kelembapan yang pas.
  • Potonglah bagian atas bawang merah yang lancip sebanyak seperempat bagian saja. Hal ini dilakukan agar tumbuh tunas yang baru.
  • Letakkan bagian bawang merah yang telah dipotong pada bagian atas, sementara bagian akarnya di bawah.
  • Jangan kubur semua bagian bawang merah, sisihkan bagian atasnya sedikit agar terkena sinar matahari.
  • Menaman bawang merah yang baik dan benar adalah di waktu pagi dan sore untuk mendapatkan udara yang tidak kering.

Itulah cara tanam bawang merah yang praktis dan pasti akan mudah dilakukan sendiri di rumah. Bagimana, mudah, kan? Tahapan ini akan terlihat lebih praktis dari pada cara menanam pepaya.

Cara Perawatan Bawang Merah

cara tanam bawang merah

pixabay.com

Bertani bawang merah juga harus dibarengi dengan perawatan tanaman agar menghasilkan panen yang berkualitas. Tips merawat tanaman ini sebenarnya mudah saja. Pada tahap awal setelah penanaman, lakukanlah penyiraman dua kali dalam sehari.

Penyiraman harus dilakukan secara rutin pada pagi dan sore hari. Namun, ketika usia tanaman sudah mencapai sepuluh hari, kurangilah intensitas penyiraman menjadi satu kali dalam sehari. Agar kondisi tanah tidak terlalu lembab.

Hal demikian juga sama dilakukan pada tahapan cara menanam kunyit. Perhatikan pula tanaman dari serangan gulma yang dapat mengganggu kesuburan. Rutinlah untuk selalu memperhatikan kondisi tanaman bawang merah ini, agar terhindar dari serangan gulma.

Perawatan tanaman bawang merah yang benar, pastilah akan menghasilkan panen berkualitas.

Perawatan Lanjutan Menggunakan Pupuk

cara menanam bawang merah polybag

pxhere.com

Selain memahami cara menanam, Anda juga harus memahai cara merawat tanaman bawang merah ini. Anda pun pasti tidak menginginkan tanaman yang Anda budidayakan ini akan gagal di tengah jalan.

Salah satu cara untuk merawat tanaman bawang merah adalah memberikan pupuk lanjutan. Ada dua jenis pupuk bawang merah yang bisa Anda gunakan, yaitu pupuk untuk daun dan pupuk untuk buahnya.

Jangan sampai Anda salah dalam menggunakan kedua jenis pupuk tersebut karena akan berakibat fatal pada hasil akhirnya.

Itulah 5 cara menanam bawang merah yang praktis dan mudah tentunya. Pastilah Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Nah, setelah semua tahapan telah Anda lakukan, Anda hanya tinggal menunggu sampai panen tiba.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.