Gagah Bumi Seorang penghamba ilmu yang haus akan segala sesuatu.

Cara Menanam Alpukat

3 min read

cara menanam alpukat

Cara menanam alpukat yang benar adalah modal awal yang harus diketahui. Dengan cara penanaman yang baik, alpukat bisa tumbuh dan berbuah dengan cepat dan lebat.

Siapa yang tidak kenal alpukat? Ya, buah alpukat adalah salah satu jenis buah yang sangat digemari. Rasanya yang nikmat dan lezat serta cocok untuk dibuat jus membuat alpukat banyak dicari oleh masyarakat. Selain itu, buah ini pada dasarnya memang memiliki kandungan gizi yang banyak.

Tentu, dengan segala manfaat yang diberikan, memiliki pohon alpukat sendiri adalah hal yang tepat. Dengan adanya pohon sendiri, tentu saja Anda akan bisa mendapatkan buah alpukat secara leluasa dan lingkungan rumah Anda akan cenderung lebih rindang dan hijau.

Tips Budidaya dan Cara Menanam Alpukat

cara menanam alpukat
pemburuombak.com

Pada kesempatan ini, kita akan membahas bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk menanam alpukat. Tentu, mengetahui cara menanam alpukat menjadi hal yang krusial agar alpukat yang Anda tanam bisa tumbuh dengan baik sebagaimana yang diinginkan.

Nah, bagaimana saja langkah untuk menanam alpukat tersebut terutama langsung dari bijinya? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Persiapan Biji Alpukat

cara budidaya alpukat
teen.co.id

Sebenarnya, Anda bisa saja melakukan penanaman alpukat dengan menanam bibit. Cara ini cenderung lebih mudah dan cukup banyak bibit alpukat yang tersedia di pasaran. Hanya saja, harga bibit bisa dikatakan cukup mahal.

Selain itu, Anda juga tidak akan merasakan sensasi menanam alpukat dari awal jika menggunakan bibit. Nah, untuk memulai menanam alpukat dari awal, maka siapkan terlebih dahulu biji alpukat tersebut.

Jika biji alpukat dari buah yang tua, sudah didapatkan, maka ada beberapa langkah awal yang harus dilakukan, seperti:

  • Lepaskan kulit luar dari biji alpukat tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa mengupas kulit luas biji sambil merendam alpukat. Kupas bagian luar hingga biji dalam terlihat dan berwarna cokelat muda.
  • Jika sudah, cuci kembali alpukat sampai bersih
  • Ambil 3 buah tusuk gigi dan tusuk biji alpukat tersebut pada bagian yang berbeda.

Persiapan Media Air untuk Menanam

Jika langkah pertama sudah selesai, langkah berikutnya adalah mempersiapkan media air untuk menanam. Ini adalah langkah awal untuk mendapatkan bibit alpukat yang nantinya akan ditanam di tanah.

Media air menjadi salah satu opsi terbaik dan cukup efektif. Selain itu, pengawasan bisa dilakukan dengan mudah. Berbeda dengan tanaman hortikultura, pembibitan tanaman ini tidak bisa dilakukan dengan menggunakan media air.

Proses Pembibitan Alpukat dengan Media Air

cara budidaya alpukat
jitunews.com

Pembibitan alpukat dengan media air sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Adapun cara pembibitan dengan media air tersebut adalah sebagai berikut:

  • Siapkan cup atau gelas. Tuangkan air namun tidak sampai terlalu penuh sekitar ¾ saja
  • Letakkan biji alpukat yang telah ditusuk menggunakan tusuk gigi tadi di atas cup atau gelas tersebut
  • Pastikan posisi biji alpukat sudah benar dan terendam sekitar ¼ bagiannya
  • Tambahkan satu sendok gula pasir pada air untuk tambahan nutrisi
  • Letakkan cup atau gelas tersebut di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Pemeliharaan Bibit Alpukat

Bibit yang sudah disiapkan tersebut harus mendapatkan perawatan yang baik dan benar. Dalam hal ini, ada beberapa langkah pemeliharaan bibit alpukat yang bisa dilakukan, seperti:

  • Perhatikan volume air dan tambahkan air hingga sesuai dengan batas aman volume air. Dalam hal ini, pastikan jika biji alpukat senantiasa terendam oleh air tersebut
  • Ganti air yang digunakan untuk upaya pembibitan tersebut setiap 5 hari sekali
  • Pantau pertumbuhan bibit tersebut. Dalam hal ini, biasanya bibit akan mulai tumbuh dan akar akan mulai rimbun pada hari ke-45 yang menandakan alpukat siap dipindahkan ke media tanah.

Persiapan Media Tanah untuk Menanam

Lanjutan dari cara menanam alpukat adalah mempersiapkan media tanah. Ini adalah langkah berikutnya setelah bibit alpukat siap. Dalam hal ini, Anda bisa juga melakukan penanaman alpukat dalam polybag atau di pot untuk awalan jika lahan di kebun terbatas.

Untuk polybag atau pot, usahakan Anda memilih yang memiliki ukuran cukup besar. Selain itu, untuk persiapan media tanah, pastikan tanah yang digunakan adalah tanah gembur yang tidak terlalu keras. Juga, jangan lupa menambahkan air pada media tanam tersebut.

Tanah yang gembur dan polybag juga bisa diterapkan pada cara menanam bawang putih.

Pemindahan Bibit ke Media Tanah

cara budidaya buah alpukat
8villages.com

Jika media tanam tanah sudah siap, maka cara tanam berikutnya adalah pemindahan. Ini adalah fase yang penting dalam bercocok tanam alpukat. Perlu diperhatikan bahwa benih alpukat tadi yang sebelumnya mengalami proses pembibitan minimal berukuran 15 cm.

Nah, untuk pemindahan bibit alpukat ke media tanah, cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Masukkan tanah ke dalam pot cukup hingga tengah pot atau polybag saja
  • Jika sudah, letakkan bibit alpukat tersebut
  • Masukkan lagi tanah hingga menutupi bibit alpukat tersebut
  • Potong tunas sekitar 7 cm untuk merangsang pertumbuhan batang dan juga daun tanaman
  • Siram tanaman alpukat dengan air secukupnya
  • Letakkan pot atau polybag di tempat yang terkena matahari secara langsung.

Pemeliharaan Tanaman Alpukat

cara tanam bibit alpukat
bibitbunga.com

Tahapan lain dalam cara menanam alpukat adalah perawatan tanaman. Jika batang alpukat sudah cenderung besar, maka ini waktunya untuk dipindahkan ke media tanah secara langsung.

Untuk cara merawat tanaman ini, lakukan pemupukan dan penyiraman secara teratur. Kedua langkah ini bertujuan agar buahnya besar dan pohon tidak mati. Perawatan yang sama juga dilakukan dalam tahapan cara menanam kentang.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara menanam alpukat. Alpukat biasanya berbuah saat usia sekitar 7 bulan. Ada beberapa jenis dari tanaman buah yang satu ini, seperti alpukat mentega yang bisa Anda tanam.

 

Berikut Ini Video Cara Menanam Alpukat dengan Metode Air

Gagah Bumi Seorang penghamba ilmu yang haus akan segala sesuatu.

One Reply to “Cara Menanam Alpukat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.