5

Cara membuat pupuk kompos

Cara membuat pupuk kompos adalah hal yang penting untuk diketahui. Meskipun dibuat dari daun dan bahan lainnya, teknik pembuatan kompos akan berpengaruh pada kualitas pupuk.

Pupuk kompos adalah salah satu jenis pupuk yang umum digunakan untuk dunia cocok tanam. Ya, dengan pupuk ini, maka tanaman yang ditanam akan cenderung tumbuh dengan lebih subur dan lebat.

Tidak hanya itu, pupuk kompos juga bisa dijadikan solusi untuk sampah rumah tangga. Dengan pembuatan pupuk kompos, maka sampah yang ada di rumah bisa dimanfaatkan sedemikian rupa menjadi sesuatu yang tidak hanya berguna, namun juga memberikan banyak manfaat, yakni agar semakin menghasilkan sayuran yang sehat dan terjamin kualitasnya. Sehingga mampu memenuhi tingkat kebutuhan gizi tubuh.

Table of Contents

Manfaat Pupuk Organik dan Kompos

cara membuat pupuk dari daun

pexels.com

Pupuk kompos adalah salah satu pilihan yang tepat dalam usaha untuk meningkatkan hasil tanam dan panen yang melimpah sesuai keinginan.

Sebelum membahas tentang cara membuat pupuk kompos, ada hal yang cukup penting untuk diketahui terlebih dahulu, yaitu manfaat dari pupuk kompos. Nah, pengetahuan tentang manfaat pupuk kompos ini bisa menjadi alasan kenapa Anda perlu membuatnya untuk bertanam.

Adapun beberapa manfaat dari pupuk kompos yang harus diketahui diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kesuburan tanah
  2. Memperbaiki struktur serta karakteristik pada tanah
  3. Meningkatkan ketersediaan hara atau retensi hara di dalam tanah
  4. Menekan serangan penyakit pada tanaman
  5. Meningkatkan kualitas dari hasil panen tanaman
  6. Meningkatkan kapasitas dan daya serap air tanah
  7. Meningkatkan aktivitas microbe yang ada di dalam tanah.

Dengan beragam manfaat tersebut, tentu saja pupuk kompos –termasuk kompos cair bisa menjadi solusi untuk bercocok tanam, dan bisa dipastikan jika tanaman yang diberikan pupuk kompos akan tumbuh lebih sehat.

Dalam cara menanam daun bawang, pupuk kompos akan membuat daun bawang bisa tumbuh dengan subur. Begitu pula dengan jenis tanaman lainnya.

Sampah yang Bisa Dijadikan Organik (Kompos)

cara membuat pupuk dari sampah rumah tangga

pexels.com

Telah disinggung di awal bahwa pupuk kompos dibuat dengan memanfaatkan sampah yang ada di rumah. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua sampah bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat pupuk kompos ini.

Adapun beberapa sampah yang bisa digunakan untuk bahan dasar membuat kompos adalah sampah organik. Beberapa contoh sampah organik untuk membuat pupuk ini adalah sebagai berikut:

  • Sampah yang berasal dari sisa makanan, mulai dari sayur hingga daging yang busuk
  • Kertas bekas dan tisu yang sudah tidak terpakai
  • Rumput dan dedaunan
  • Potongan kayu
  • Bumbu masakan yang sudah kedaluwarsa
  • Bulu hewan peliharaan yang rontok
  • Debu yang ada di belakang lemari es
  • Potongan rambut
  • Kotoran yang berasal dari hewan peliharaan.

Nah, beberapa sampah tadi bisa menjadi bagian penyubur dalam cara menanam wortel dan tanaman lainnya.

Sampah yang Tidak Bisa Dijadikan Pupuk

sampah anorganik

unsplash.com

 

Selain beberapa bahan di atas, ada juga bahan yang tidak bisa digunakan untuk membuat pupuk kompos. Misalnya saja, minyak goreng. Anda tentu tidak bisa membuat pupuk cair organik dengan bahan tersebut.

Nah, beberapa bahan yang merupakan sampah namun tidak bisa dijadikan bahan pembuatan pupuk kompos adalah sebagai berikut:

  • Tumbuhan yang terkena serangan penyakit
  • Kertas kado dengan bahan metalik
  • Sampah kacang walnut
  • Boks minuman yang memiliki lapisan bahan metal
  • Serpihan kaca bekas
  • Kardus makanan yang memiliki tekstur greasy.

Alat dan Bahan Membuat Organik

pengolahan kompos

kebunku.com

Setelah paham tentang beberapa bahan yang bisa dan yang tidak bisa digunakan untuk membuat kompos tadi, Anda bisa memilih mana bahan yang cocok dan tepat untuk Anda jadikan bahan dasar pembuatan pupuk ini.

Nah, sebagai langkah persiapan pembuatan pupuk kandang, termasuk jika Anda ingin membuat organik cair, maka ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan. Adapun alat yang diperlukan adalah wadah berukuran besar dengan penutup dan juga sarung tangan.

Terkait wadah, tong adalah pilihan yang tepat. Atau, Anda juga bisa menggunakan ember besar dan menutupnya. Hal ini sangat penting karena kompos memerlukan waktu untuk fermentasi.

Selain alat, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat pupuk kompos. Beberapa bahan utama yang diperlukan diantaranya adalah sampah rumah tangga organik –sebagaimana dijelaskan tadi, tanah dan juga air. Sangat simple, bukan?

Sebagaimana cara mencangkok tanaman, alat dan bahan yang digunakan akan berpengaruh pada proses yang dilakukan.

Langkah Membuat Pupuk Kompos

cara membuat pupuk organik

unsplash.com

Terkait cara membuat pupuk kompos, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam prosesnya. Beberapa langkah pembuatan pupuk ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan sampah rumah tangga yang akan dijadikan bahan pupuk
  2. Pisahkan antara sampah organik seperti daun kering dan sampah non-organik. Perlu diketahui, sampah organik inilah yang nantinya bakal dijadikan bahan pupuk
  3. Jika sampah sudah siap, maka persiapkan wadah berukuran besar untuk alat pembuatan. Untuk diingat, wadah tersebut harus dilengkapi dengan tutup agar pupuk bisa terbuat dengan maksimal
  4. Masukkan tanah ke dalam wadah secukupnya. Ukur ketebalan tanah sesuai dengan banyaknya sampah yang akan Anda gunakan. Jika sudah, siram tanah dengan air secukupnya
  5. Cara lanjutan untuk membuat pupuk organik adalah memasukkan sampah tadi. Pastikan sampah ditata secara merata setara dengan ketebalan tanah
  6. Jika sudah, masukkan kembali tanah ke dalam wadah. Tanah yang dimasukkan ini bertujuan untuk menutup sampah
  7. Tutup wadah tersebut dan biarkan sekitar 3 minggu sebelum pupuk resmi digunakan.

Beberapa langkah tersebut bisa digunakan untuk pembuatan pupuk kompos. Tentu, cara yang sedikit berbeda perlu diterapkan jika Anda ingin membuat pupuk cair. Dengan pupuk ini, cara menanam kacang hijau dan pohon lain bisa dilakukan dengan maksimal.

Terkait pembuatan kompos organik di atas, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan hasil pupuk kandang yang dibuat. Tips yang paling penting adalah jangan sampai wadah pupuk terkena paparan sinar matahari ataupun hujan secara langsung.

Demikian beberapa ulasan tentang cara membuat pupuk kompos. Jika Anda tertarik, tentu Anda bisa mencobanya di rumah.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.