8 Cara Membuat Doodle Art Simple, Name, Keren, Unik, Lucu Beserta Contoh Gambar dan Videonya

Cara Membuat Doodle Art – Hai sahabat hamparan ! Mungkin dianatara kalian ada yang pernah mendengar tentang doodle atau gambar doodle ? Mungkin juga apabila kita mendengar kata doodle, pasti langsung saja mengarah pada salah satu karya dari seni menggambar (art drawing). Benar kan ? Dan bahkan mungkin juga masih banyak yang belum mengerti tentang apa yang disebut dengan doodle art.

Tapi tahukah kamu ? Ternyata semua orang bisa loh membuat dan menggambar doodle art. Pada dasarnya membuat gambar keren ini merupakan sebuah hal yang sederhana, mudah, serta berbentuk abstrak.

Biasanya orang sering sekali tanpa sadar bisa membuat doodle art, kondisi ini terjadi ketika saat orang sedang merasa jenuh dan bosan ketika tidak sedang melakukan kegiatan.

Dan ternyata, membuat sebuah gambar doodle juga bisa menjadikan keterampilan dalam bidang seni meningkat loh! Bukan hanya itu saja menggambar doodle art juga bisa menyalurkan ide seseorang dengan sebuah gambar bentuk yang lucu dan abstrak. Naaah ! Jadi untuk itu kamu tidak usah khawatir untuk belajar menggambar ini. Ini dia coba lihat tutorial sederhana membuat doodle art :


Maka dari itu kali ini saya akan membahas hingga tuntas mulai dari pengertian doodle hingga cara dan tips bagaimana cara membuat doodle art yang mudah dan simpel. Ayo simak selengkapnya !

Apa yang Disebut Doodle Art ?

cara membuat doodle art
pxhere.xom

Sama halnya yang kita bahas di atas tadi, doodle art adalah salah satu seni dalam menggambar (art drawing) yang dibuat dengan bentuk yang acak atau abstrak. Bentuk dari gambar doodle ini sangatlah banyak dan bermacam-macam loh ternyata! Mulai dari gambar doodle nama, doodle huruf, gambar monster, doodle bunga, dan masih banyak lagi macamnya.

Contoh yang paling simpel dan paling sering kita temui dari gambar doodle ini adalah sebuah gambar atau coretan yang berada dalam buku para mahasiswa maupun pelajar. Terkadang mereka sangat suka menggambar dan mencoret-coret bukunya dengan tema yang abstrak ketika sedang jenuh.

Selai itu juga, doodle art ini juga bisa dibuat oleh orang yang sedang menerima telefon dengan jangka waktu yang lama.

Terciptanya doodle art ini sebenarnya sangatlah tidak sengaja, tapi hingga saat ini gambar doodle  sudah menjadi sebuah seni yang populer. Bahkan bukan hanya itu saja sekarang juga ada orang yang ahli atau berprofesi sebagai pembuat doodle  yang disebut dengan doodle art maker.

Untuk sekarang ini sudah banyak sekali orang yang membuat gambar doodle yang di dalamnya bukan hanya sekedar gambar tapi mempunyai sebuah makna dan pesan.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Doodle Art

cara membuat doodle art
hamparan.net

Sebelum lebih dalam mempelajari cara membuat doodle art, alangkah lebih baiknya kamu mengenal alat-alat yang digunakan untuk menggambar doodle.

Apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gambar doodle ? Umumnya menggambar doodle art ini sama saja dengan seni menggambar lainya yaitu menggunakan kertas, pena, dan pensil.

Secara singkat alat tersebut selalu dibawa kemana-mana terutama ketika sekolah, jadi ketika kamu sedang dalam keadaan bosan bisa saja menggambar secara acak dan abstrak mengeksplorasi imajinasimu.

akan tetapi jika kamu sangat ingin menekuni dunia doodle atau ingin menjadi doodle maker kamu haruslah menyiapkan alat-alat lengkap seperti di bawah ini :

  • Pulpen
  • Tinta pena
  • Pensil
  • Spidol maker
  • Stabilo
  • Buku sketsa
  • Kapur
  • Car air
  • Pensil warna

Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

cara membuat doodle art
hamparan.net

Bagi kamu jika masih pemula untuk membuat gambar doodle. Pada dasarnya gambar doodle sangatlah mudah dan sederhana, cara menggambarnya pun tidak sesulit seperti seni menggambar pada umumnya.

Langsun saja berikut ini langkah-langah dan cara membuat doodle art untuk para pemula :

1. Mencari Inspirasi

Bagi kamu yang masih pemula dalam membuat sebuah gambar doodle, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari sebuah inspirasi agar memudahkanmu untuk menggambarnya.

Tenang saja, untuk mencari inspirasi dalam membuat doodle art tidaklah sesulit yang kamu bayangkan apalagi tidaklah hingga sesulit seperti seorang pulukis handal yang ingin membuat sebuah mahakarya lukisan.

Kamu bisa mencari inspirasi dari hal-hal yang berada di sekelilingmu sepert peristiwa, ekspresi seseorang, atau keadaan di sekitarmu dan bahkan kamu juga bisa loh menjadikan dirimu sendiri sebagai ide untuk doodle drawing. Tapi tak jarang juga ide-ide yang unik dan keren biasanya muncul secara tiba-tiba dan tak terduga.

Jika kamu masih juga mendapat sebuah inspirasi, kamu bisa saja mencari ide-ide menggambar doodle di internet. Sangat banyak sekali gambar-gambar unik, lucu, dan simpel yang bisa kamu amati untuk meniru serta memodifikasinya.

2. Menentukan Font

Jadi apabila kamu sudah menemukan dan mendapatkan ide serta inspirasi untuk membuat doodle art, maka cara yang selanjutnya ialah menentukan kalimat dan kata yang akan kamu tuliskan dalam gambar doodle art.

Untuk langkah awalnya kamu harus mempelajari sebuah karakter dalam doodle atau juga kamu bisa membuat sendiri karekter apa yang kamu inginkan, jumlah dan elemen dalam menggambar doodle tidaklah dibatasi.

pada dasarnya menggambar doodle ini adalah ajang untuk menyalurkan kreativitas serta inovasi yang kamu miliki dan juga kamu bisa juga mengembangkanya lebih jauh lagi.

Jadi agar gambar semakin bagus, jangan lupa mencari font yang tepat. Jika kamu masih bingung juga, kamu bisa mencari referensi dari google.

3.  Kumpulkan Berbagai Macam Karakter Unik dan Keren

Selain menggunakan tulisan, menggambar doodle juga menggunakan sebuah karakter. Kamu bisa menciptakan karakter-karakter unik dan lucu untuk menunjang gambar doodlemu.

Pada dasarnya karakter ini sangatlah berperan penting, sebab dari karakter ini orang bisa menyampaikan sebuah pesan dalam gambarnya tersebut. Contoh karakter yang bisa kamu masukan dalam gambar doodle art adalah karakter hewan, monster, minion, bunga, dan karakter unik lainya.

Kenapa sih harus mengumpulkan kareakter? Tujuan utamanya adalah agar ketika kamu sedang menggambar tidak kehabisan ide karakter ketika mengerjakanya. Bukan hanya itu saja unsur karakter yang banyak dalam membuat doodle juga dapat memperindah gambar doodle yang kamu buat.

4. Ekspresikan Imajinasimu dengan Bebas

Cara membuat doodle art yang selanjutnya adalah mengekspresikan diri tanpa batas. Doodle art sendiri merupakan sebuah seni tak mempunyai batasan apapun. Maka dari situ kamu bisa mencoba menggambar bermacam-macam hal sesuka hatimu.

Seperti contoh ketika kamu menggambar doodle art yang sederhana seperti bunga atau pohon, kamu bisa mengkombinasikan gambar doodle mu dengan berbagai macam warna yang menarik  agar menjadikan gambarmu lebih berwarna dan memiliki nilai emosional yang kuat.

Contoh Gambar Doodle

jika di atas sudah menerangkan cara-cara untuk membuat doodle art, maka di bawah ini kumpulan doodle art yang bisa kamu gambar untuk mencoba ilmu baru yang kamu dapat.

Contoh Gambar Doodle Bunga

cara membuat doodle art
pinterest.com

Siapa sih yang tidak tau tentang bunga? Bunga adalah sebuah objek yang banyak sekali peminatnya dalam menggambar doodle art. Karena menggunakan objek bunga sangatlah mudah dan sederhana. Di bawah ini adalah beberapa cara membuat doodle art dengan objek bunga :

  • Langkah yang pertama untuk membuat gambar doodle tema bunga ini adalah menggambar tangkai dan beberapa daun beserta kelopak bunganya. Apabila sudah selesai gambarlah vas bunga di bawah tangkai bunga tadi.
  • Untuk kreasi doodle art bunga ini bisa terserah kamu, apakah ingin membuat satu ataukah menggambar taman.
  • Jika kamu ingin menggambar bunga mawar atau bunga matahari, gambarlah dengan detail yang bagus pada semua bagian bunga.
  • Jika sudah gambar karakter-karakter lucu pada sekeliling bunga tadi agar menjadikan gambar doodle ini lebih indah.
  • Kombinasikan gambar bunga dan karakter unik tadi dengan tulisan, apakah kamu ingin menulis namamu atau nama pasanganmu.
  • Agar  lebih indah kamu bisa menambahkan warna-warna dalam setiap karakter yang kamu gambar.

Doodle Face

cara membuat doodle art
es.pinterest.com

Jika yang pertama tadi adalah contoh gambar doodle bertemakan bunga, sekarang saya akan membahas gambar doodle art yang selanjutnya yaitu doodle face atau gambar doodle wajah.

Bagi kamu yang sudah sering menggambar doodle bisa saja melanjutkan ke tingkat yang sedikit lebih sulit.  Menggambar wajah ini sedikit lebih sulit di banding menggambar bunga. Tapi tenang saja gambar wajah yang dibutuhkan untuk gambar doodle ini tidaklah harus sempurna.

Langsung saja ini dia beberapa tips dan cara membuat doodle art wajah :

  • langkah pertama untuk membuat doodle art wajah adalah mencari tema wajah seseorang, bisa saja kamu menggunakan wajahmu sendiri atay foto teman, atau juga wajah keluarga dan kekasihmu sebagai model doodle artmu.
  • Gambar awal dengan sketsa agar gambar lebih bagus. Tidak perlu sempurna, kamu bisa saja menggambarkan wajah menjadi sebuah karikatur atau gambar yang lucu lainya sesuai kesenanganmu.
  • Jika sudah menggambar wajah beserta bagian yang lainya, kamu bisa lanjutkan menambahkan tulisan agar menambah kesan indah bisa kamu menambahkan font yang unik tau juga kamu bisa membuat sebuah gelembung yang berisikan nama dari wajah yang kamu gambar itu akan lebih membuat gambar lebih keren dan unik, apalagi jika orang yang kamu gambar sedang ulang tahun. Bisa saja gambar doodle ini menjadi kado istimewa.
  • Lanjut tahap selanjutanya adalah gambarlah karakter-karakter lucu untuk menghiasi gambar wajah yang sudah kamu gambar tadi, atau bisa saja kamu memasukan beberapa objek yang unik yang bisa membuat gambar doodle tadi lebih indah .
  • Tips dan cara menggamabar doodle art yang terakhir adalah proses pewarnaan. Jika kamu ingin menjadikan gambar doodle mu lebih menarik, kamu bisa saja menambahkan warna-warna yang cerah agar terlihat unik.

Contoh Gambar Doodle Nama

cara membuat doodle art
afikrubik.com

Kembali ke tahap menggambar doodle untuk para pemula. Jadi sedikit saran kepada para pemula apabila masih kesulitan untuk menggambar wajah atau bunga, kamu dapat mencoba untuk menggambar tulisan namamu sendiri sebagai objek.

Biasanya ide dan inovasi untuk mengeksplorasi namamu sendiri akan lebih mudah di dapatkan. Dibawah ini cara-cara membuat doodle art nama :

  • Cara membuat doodle art nama yang pertama adalah tentukan font yang ingin kamu pakai untuk menuliskan namamu. Tidak harus satu, lebih juga lebih bagus.
  • Gambarlah tulisan namamu, pilih font yang paling mudah terlebih dulu. Pilih variasi ukuran yang ingin kamu buat, bisa saja kamu mengawali bentuk dari yang terbesar atau sebaliknya, kamu bisa mengawal dari bentuk yang terkecil.
  • Langkah dan cara membuat doodle art nama yang selanjutnya adalah gambarlah objek-objek atau karakter yang unik, dan lucu di sekeliling namamu tadi.
  • Dalam menggambar nama tadi kamu bisa menggambarnya di dalam gelembung sebagai alternatif agar gambar doodlemu lebih unik dan juga jangan lupa memberikan warna agar lebih memiliki jiwa dalam setiap gambar yang kamu buat.

Doodle Art Name

cara membuat doodle art
hamparan.net

Doodle art name adalah salah satu gambar doodle art yang mengkombinasikan karakter dari doodle dan nama. Pada dasarnya membaut doodle art name itu sangatlah sederhana dan mudah. Akan tetapi sedikit membutuhkan waktu lama, sebab menggambar doodle art name ini sangat membutuhkan imajinasi yang tinggi.

Di bawah ini beberapa cara membuat doodle art name :

  • Langkah awal adalah gambarlah namamu dengan font bebas berbentuk apa. Gambar tulisan namamu bisa kamu letakkan di tengah ataupun di pinggir posisis kertas.
  • Gambarlah karakter-karakter doodle hingga menghiasi tulisan namamu. Selain karakter doodle, kamu juga bisa memberi atau membentuk sebuah pola love di dalamnya agar terkesan lebih unik.
  • Apabila pola dan gambar karakter doodle sudah selesai, maka tebali tulisan namamu supaya terlihat menjadi sebuah center peace yang memberi nilai elegan di dalamnya.
  • Jangan lupa diberi warna agar bisa dilihat nampak cantik.

Doodle Hewan

cara membuat doodle art
hamparan.net

Menurut sebagian orang, hewan adalah salah satu sebuah sumber inspirasi yang luas sekali tingkat eksplorasinya. Dan ternyata salah satu tema favorit dalam menggambar doodle adalah dengan bentuk hewan.

Sebagai contoh mungkin banyak sekali hewan yang berada di sekitar kita yang bisa kita jadikan objek menggambar doodle. Sangat banyak bermacam cara untuk mengambar doodle art hewan ini. Naah langsung saja berikut ini tips dan cara membuat doodle art hewan :

  • Langkah yang pertama jika kamu ingin menggambar hewan air, gambarlah satu hewan induk dengan volume yang besar. Kemudian jika sudah kamu hanya tinggal memasukan gambar-gambar hewan lain di dalamnya hingga membentuk wajah asli dari hewan tersebut. Jadi istilahnya menggambar hewan dengan hewan lain di dalamnya.
  • Sama halnya jika ingin menggambar doodle hewan yang hidup di hutan, Seperti contoh kamu ingin menggambar singa, dalam tubuh singa tersebut kamu bisa saja menggabungkan beberapa gambar seperti ular, burung, harimau, dan hewan lain.
    Dari situ kamu juga bisa memberi pesan bahwa singa adalah raja hewan yang mengayomi hewan lainya.
  • Tahap terakhir dari cara-cara ini adalah penyelesaian. Kamu hanya tinggal memberi warna dalam setiap hewan yang kamu gambar.

Doodle Monster

cara membuat doodle art
hamparan.net

Doodle monster adalah sebuah kombinasi yang menarik antara karakter hewan, dan karakter yang lucu lainya. Meskipun dengan tema monster bukan berarti menunjukan jika gambar doodle itu menakutkan loh, kamu bisa mengemasnya hingga terlihat lucu dan unik.

Di bawah ini cara membuat doodle art monster secara lengkap :

  • Tahap pertama adalah gambarlah bentuk karakter doodle monster dengan posisi di tengah, kemudian langsung saja diikuti dengan gambar monster yang lainya dengan posisi di belakangnya dengan arah yang mendatar dan semakin naik.
  • Jika kamu ingin lebih lucu, gambarlah mulut monster tersebut dengan keadaan membuka. Nah kemudian didalam mulut monster tersebut kamu bisa menggambar beberapa monster di dalamnya.
  • Tema gambar monster bebas sesuai keinginanmu, bisa saja ketika sedang di pantai, atau monster yang sedang berada di perkotaan.

Doodle Art Happy Birth Day / Doode Selamat Ulang Tahun

cara membuat doodle art
hamparan.net

Bagi kamu yang ingin memberikan sebuah ucapan ulang tahun, maka gambar doodle art ini sangatlah bisa menjadi salah satu cara untuk memberi ucapan yang unik. Pada dasarnya dooler art happy birth day ini adalah sebuah pengembangan lebih lanjut dari doodle art name.

Jadi pengkombinasian antara doodle nama dan juga karakter doodle. Langsung saja berikut ini ide beserta cara membuat doodle art happy birth day :

  • Gambar tulisan happy birth day atau selamat ulang tahun dengan posisi terserah keinginanmu. Selanjutnya gambar karakter doodle di sekelilingnya, bisa menggunakan karakter monster ataupun karakter hewan.
  • Kemudian gambarlah kue ulang tahun beserta nama orang yang sedang ulang tahun. Selain itu kamu juga bisa menambahkan hiasan berbentuk balon pada gambar doodle happy birth day ini.
  • Jangan lupa menggambar karakter-karakter di samping kue hingga memenuhi kertas, karakter-karakter tersebut di gambar dengan arah vertikal. Jangan lupa agar terkesan meriah di berikan gambar properti ulang tahun lainya seperti topi, terompet, dan yang lainya.

Doodle Minion

cara membuat minion
hamparan.net

Jika kamu pernah melihat film Despicable atau fim Minion pasti kamu tidaklah asing dengan karakter yang lucu satu ini. Minion adalah salah satu karakter doodle yang bisa kamu jadikan sebuah tema utama dalam membuat gambar doodle loh.

Tapi pada dasarnya menggambar minion untuk menjadi doodle ada banyak sekali versi jadi berikut ini tips lengkap beserta cara membuat doodle minion bagi kamu yang masih pemula dalam belajar menggambar doodle :

  • Langkah awal, gambarlah minion dengan ukuran sama atau bisa juga kamu menggambar minion dengan ukuran yang besar dan kamu letakkan di tengah.
  • Tentukan ekspresi dari minion tersebut mulai dari ekspresi marah, senang, sedih, gembira, dan yang lainya.
  • Jika ingin lebih unik dan keren kamu bisa menggabungkanya dengan doodle nama.
  • Selain tema yang simpel seperti ini, kamu juga bisa mencoba tema yang lain seperti tema perang, atau konsep minion yang sedang mengadakan pesta

Contoh Gambar Doodle

Jika diatas adalah menerangkan tentang trik, tips, dan cara membuat doodle art. Maka kali ini saya akan menunjukan contoh gambar-gambar doodle art yang sudah jadi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menggambar doodle art yang lebih bagus :

cara membuat doodle art
imgfave.com

 

vexxart.bigcartel.com

 

hamparan.net

 

cara membuat doodle art
hamparan.net

 

doodle sederhana
hamparan.net

 

hamparan.net

 

hamparan.net

 

hamparan.net
cara membuat doodle art
Obatrindu.com

 

cara membuat doodle art
webneel.com

 

cara membuat doodle art
Forumku.com

 

cara membuat doodle art
hamparan.net

Cukup sekian penjelasan lengkap tentang caara membuat doodle art dengan mudah, simple dan sederhana beserta contoh gambar doodle seperti doodle love, doodle face, doodle happy birth day, dan gambar doodle yang lainya.

Semoga setelah membaca artikel kamu bisa menjadikan kamu lebih mengerti dan ingin mencoba dan belajar lebih giat untuk menggambar doodle art.

Semoga Bermanfaat !

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar dibawah !

TERIMA KASIH SUDAH SHARE ARTIKEL INI !!!!!

 

Baca Artikel yang Lainya Klik Disini!!!!!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.