Belajar masuk dunia kuliner

Sekilas info

Assalamualaikum. Wr. Wb hai semua bertemu lagi di halaman ini!

Kali ini aku mau menceritakan bagaimana banyak hal yang tak terduga dan betapa menajubkannya dunia kuliner khususnya orang yang belum mempunyai pengalaman dan ingin mengambil bisnis atau sekolah bertemakan kuliner.

Sebelum membahas tentanng pengalamanku di dunia kuliner lebih lanjut ada beberapa pandangan yang harus di luruskan untuk orang awam tentang  Banyak orang beranggapan bahwa dunia masak memasak adalah urusuan kaum hawa.

Tapi jangan salah ternyata banyak fakta yang membalikan anggapan-anggapan orang yang memandang dunia masak hanya milik kaum hawa, karena kebanyakan para chef atau seorang juru masak bukanlah seorang kaum hawa melainkan kaum adam dengan berbagai macam pertimbangan.

kebanyakan dunia industri kuliner mengangkan seorang laki-laki untuk menjadi juru masak karena dari salah satu faktornya adalah dari tenaga,cekatan dalam memasak,dan mudah menggunakan beberapa alat masak yang dianggap sulit bagi para kaum wanita.

untuk awal dari pembahasan pengalaman sudah cukup mari simak sedikit pengalaman yang aku tulis !

 

 

pengalaman,masak,dunia kuliner
http://www.thomasdecian.com

Awal cerita

Awal kisah sebelum masuk dunia kuliner atau bisa di katakan juga pendidikan kuliner, aku tidak pernah menyangkan ternyata dunia kuliner sangat luas dan selalu berkembang setiap saat seperti teknik dan peralatanya.

Ku kira bahwa dunia masak hanya tentang bagaimana cara masak dan belajar tentang bumbu-bumbu masakan, sekilaspun ketika pertama kali mendengar sekolah masak itu serasa sedikit aneh. Karena masih terlihat asing bagi masyarakat pada umumnya.

Memulai dari mencoba belajar masak sendiri dan akhirnya aku mulai suka masak dang ingin menjajaki dunia pendidikan kuliner untuk mengetahui bagaimana sensasi dan awal atmosfir dunia kuliner seperti apa!.

Dan ternyata semua berubah ketika aku mulai masuk dalam salah satu sekolah vokasi pariwisata di daerahku.
Karena sekolah tempatku belajar jasa boga.adalah salah satu tempat pendidikan favorit dalam jurusan jasa boga di Jawa Timur.

Peralatan


liandola.com

Awal masuk aktif dalam pembelajaran kami pun di ajari untuk mengenal dasar-dasar dalam pengenalan dunia dapur yang di sebut first basic cooking.

Pelajaran dasar first basic cooking, banyak hal yang membuatku mulai membuka wawasan tentang dunia kuliner karena pelajaran ini, terutama bukan hanya tentang masak memasak tetapi juga peralatan masak.

Sebagai seorang pemegang kompor di dapur kita harus mengetehaui segala seluk beluk dapur dan peralatanya.

Mulai dari knife,wook,sauce pan,spatula,stove dan masih banyak lagi yang lainya, Karena semua alat tersebut adalah salah satu unsur penting dalam dunia kuliner.

Alat dapur pertama yang dikenalkan pada kami adalah sebuah pisau atau knife.

peralatan masak, pisau
http://1.bp.blogspot.com

Penjelasan mengenai pisau atau knife. Dengan alasan seorang chef tidak akan lepas dari alat sederhana yang bernama knife.

Kebanyakan orang menganggap bahwa pisau hanya barang yang sepele tetapi dalam dunia kuliner pisau adalah pusaka ampuh untuk menyulap bahan makanan yang dianggap biasa menjadi makanan yang luar biasa atau bernilai jual yang tinggi.

Pisau pun juga ada banyak jenis seperti pisau untuk mengupas buah, pisau sayur, pisau khusus daging,pisau kusus untuk memisahkan daging dan tulang, dan masih banyak lagi yang lainya.

Karena cara pemakaian dan bahan makanan yang akan di potong berbagai macam maka cara memegangnya pun juga setiap pisau juga berbeda.

 

 

 Di lanjutkan dengan alat yang disebut wok. Alat ini adalah satu alat masak utama yang digunakan dalam masakan Cina dalam porsi besar maupun kecil. Banyak cara dan teknik penggunaaknya salah satunya adalah cara memegangnya dan menggoyangkanya seperti video dibawah ini :

Dan itu adalah salah satu teknik penting dalam memasak masakan Cina mau yang lain. Ini adalah pelajaran yang paling saya sukai karena membutuhkan keuletan dan kerja keras yang tinggi dalam pembelajaran tentang menggunakan wok.

Alat yang tak kalah penting yang satu ini adalah alat dasar yang digunakan untuk memasak berbagai macam sauce.

Dalam masakan Eropa sauce adalah salah satu komponen penting dalam hidangan, karena apa ?, karena masakan Eropa rata-rata hanya mempunyai rasa manis, gurih, dan asin. Fungsi dari sauce tersebut adalah sebagai menambah rasa dalam sebuah masakan.

Bisa dilihat contoh gambar tersebut :

jbprince.com

Mungkin sebagian alat masih belum bisa dijelaskan secara mendetail mungkin lain waktu bisa dilihat pada salah satu halaman Hamparan.net untuk mengetahui secara lanjut tentang peralatan dasar memasak serta kegunaanya.

Teknik dasar memasak

Setelah sekian lama mempelajari tentang peralatan dasar aku pun mulai diajari tentang teknik dasar memasak.
Sangat banyak sekali tehknik yang mendasar dalam memasak seperti boiling dan frying serta masih banyak lagi yang lainya, tak hanya itu juga dari setiap teknik dasar pun juga masih dibagi menjadi beberapa teknik lanjutan.

merebus, tehnik dasar memasak
expertbeacon.com/

Awal penjelasan dari guru menerangkan tentang boiling atau merebus. Mestinya semua orang sudah mengetahuai bagaimana memasak dengan merebus.

Sebagai contoh memasak mie instan, orang yuang memasak mie instan jarang dan bahkan tidak ada yang memasukan mienya kedalam air tanpa dalam keadaan yang mendidih karena ya mungkin tidak akan cepat matang.

Kriteria titik didih adalah diatas 100 derajat Celsius baru dikatakan sebagai air mendidih yang bisa digunakan untuk merebus sesuatu.

Yang kedua adalah fyring bisa juga disebut menggoreng.


sukasaya.com

Menggoreng mungkin adalah salah satu hal yang sangat familiar bagi banyak orang.

Banyak masakan yang dihasilkan dengan cara menggoreng seperti ayam goreng, kentang goreng, onion ring, dan masih banyak contoh lainya.

Pengertian menggoreng sendiri adalah memasak menggunakan minyak, margarin, dan butter sebagai media penghantar panas kepada sesuai objek yang di masak.

Menggoreng pun juga bermacam-macam, banyak style yang di ajarkan para guru kepadaku seperti English style, France style, American style dan masih banyak lagi yang lainya.

Pengalaman kerja


agoda.com

Setelah menempuh pendidikan selama hampir dua tahun akhirnya yang di tunggu datang juga yaitu praktik kerja di sebuah dunia industri.

Seperti jurusan yang aku ambil adalah jasa boga jadi banyak pilihan tempat praktek kerja semisal hotel atau restoran.

Aku mengambil progam kerja di sebuah hotel di Kota Batu yaitu Hotel Kusuma agrowisata .

Selama empat bulan aku praktik kerja industri di hotel ini banyak pengalaman yang aku dapat seperti cara pengolahan, teknik memasak, dan teknik penyimpanan barang.

Tak hanya dari segi skill yang uprade tapi juga banyak teman baru dari sana yang tak kalah pintar dalam bidang kuliner yang buatku semakin nyaman untuk tinggal disana.

Ketika awal masuk di hari pertama aku dan teman-temanku langsung dihadapkan dengan kepala dapur atau head chef untuk melakukan tes wawasan tentang dunia memasak. Mulai dari peralatan dasar, teknik dasar, cara pengolahan bahan dan masih banyak lagi yang lain.

Ternyata dari sekian banyak tes yang dilalui tak semua berjalan lancar banyak teknik yang belum diajarkan kepadaku waktu pembelajaran di sekolah.

bahkan termasuk cara memegang pisaupun aku ternyata masih salah, disitu membuatku merasa terjatuh di lubang yang sangat dalam.

Tetapi akhirnya aku tetap masuk dalam dapur hotel dengan harus belajar dengan cepat untuk menyesuaikan ketertinggalanku mulai dari teknik dan semua yang belum ku peroleh dari para senior dan teman-teman yang lainya.

Penutup

Pada akhirnya kesadaran haus akan ilmu itupun muncul. Semakin hari banyak teknik dan alat masak yang baru dan lebih canggih.

Tetapi semua butuh proses tidak harus serta merta sekarang harus belajar semua itu. Ilmu dan pengalaman akan bertambah seiring perjalanan waktu tanpa ada paksaan suatu apapun.

Jadi untuk teman-teman semua yang ingin belajar tentang pekerjaan jangan melihat hasil jadi yang sudah terpampang nyata, lihatlah perjalanan dan perjuangan dalam proses mencari ilmu dalam perkerjaan itu.

Sekian untk artikel singkat ini selamat bertmu kembali !.

Waassalamualaikum. Wr. Wb

 

3 thoughts on “Belajar masuk dunia kuliner

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.