√10 Contoh Desain Pintu Minimalis (Full Anti Mainstream)

Sebuah desain pintu rumah minimalis merupakan hal penting yang tidak bisa dipisahkan dalam membangun sebuah rumah. Selain untuk keamanan juga sebagai alat keluar masuk. Namun tidak hanya itu, dalam hal estetika rumah pintun itu sangatlah penting, karena pintu adalah hal yang pertama dilihat oleh tamu.

Pintu juga berperan sebagai media dekoratif agar rumah terlihat lebih cantik dan menawan, jadi sebelum membuat pintu pikirkanlah konsep model pintu rumah minimalis yang pas untuk rumah anda tersebut.

Model Pintu Rumah Minimalis

model pintu minimalis
idntimes.com

Sekarang ini, model pintu rumah sangat lah banyak model dan macam yang bisa Anda jumpai, bentuk dan bahanya. Gunakanlah model pintu rumah yang terbuat dari kayu jati jika anda menginginkan pintu yang kokoh dan tahan lama.

Pintu dengan bahan kayu jati tak perlu diragukan lagi, karena kayu jati memiliki kualitas yang bagus. Selain itu harga pintu berbahan kayu jati juga tidak terlalu mahal. Kebanyakan pintu yang sering anda jumpai memiliki model 1 pintu saja. Tapi beberapa orang juga lebih memilih/menggemari bentuk 2 pintu.

Model 2 pintu ini kurang cocok jika anda menempati rumah minimalis dengan lahan yang tidak terlalu luas, seperti rumah minimalis type 21, type 36 maupun type 45, model 2 pintu ini akan lebih pas jika ditempatkan pada rumah mewah minimalis.

Anda tidak bisa membeli pintu yang langsung jadi untuk mendapatkan pintu yang anda inginkan. Yang anda perlukan adalah memesan model pintu terlebih dahulu dan juga diperlukan kecocokan antara ukuran pintun dengan kusen pintu rumah anda.

Gambar Pintu Rumah Minimalis

Alangkah baiknya sebelum memesan pintu utama untuk rumah, sebaiknya anda melihat beberapa contoh-contoh gambar tentang desain pintu rumah minimalis di bawah ini, guna memudahkan anda dalam menentukan pintu rumah seperti apa yang akan anda pesan nantinya.

desain pintu minimalis

Desain Pintu Kayu

pintu minimalis kayu
hipwee.com

Pintu depan selalu menjadi focal point alias titik fokus eksterior rumah. Pintu juga menjadi hal pertama yang dilihat orang-orang saat berkunjung, atau bahkan sekadar lewat di depan rumah.

Desain pintu rumah yang menarik tentu akan menjadi perhatian utama para tamu saat mereka datang berkunjung. Pintu jugalah yang menjadi hal terakhir yang selalu kita renungkan saat kita hendak bepergian meninggalkan rumah.

Tampilan rumah yang kelihatanya biasa saja akan berubah sangat menarik kalau memiliki desain pintu yang menarik. Kebanyakan material pintu itu menggunakan kayu, ada banyak jenis model pintu kayu ini.

Mengkombinasikan lapisan cat atau pemilihan warna terbaik, juga merupakan cara terbaik untuk merancang salah satu elemen arsitektur rumah ini. Berikut 7 desain pintu kayu berdasarkan gaya arsitektur dan interior :

Desain Pintu Rumah Minimalis Kayu : Gaya Modern Klasik

pintu minimalis kayu

Model pintu kayu yang memadukan gaya modern dan klasik. Permukaan kayu horisontal yang mulus mendapatkan update kontemporer dengan pengangan gagang hitam halus yang membentang dari atas ke bawah.

Desain pintu depan rumah yang spektakuler, yang menonjolkan kepribadian dan gaya yang disesuaikan secara ekpresif.

Desain Pintu Kayu: Gaya Industrial

pintu minimalis kayu
warunkopi.okezone.com

Dalam segi konteks eksterior industrial, pintu dengan kayu alam bisa memiliki efek yang terlihat lebih berani. Menampilkan suasana eksteriror yang tampak sangat kontras dengan beton dan baha yang mengelilinginya.

Desain Pintu Kayu: Gaya Tradisional-Modern

pintu minimalis kayu

Pintu yang berlapis kayu Chevron yang di rancang non-horisontal atau bahkan vertikal, terkesan khas tradisional. Tambahan dekorasi yang terlihat sangat impresif untuk rumah modern-kontemporer.

Desain Pintu Kayu: Gaya Modern

Pintu kayu satu ini memiliki tampilan yang simpel dan elegan. Aksen metal membawanya pada tampilan gaya modern yang sederhana namun berkelas.

Desain Pintu Kayu: Modern Minimalis

model pintu minimalis modern

Penampilan lain yang ditunjukan pintu kayu dengan panel-panel kecil. Kaca buram untuk medapatkan privasi yang cukup, sembari tetap mempertahankan daya tarik yang kuat, atraktif dan impresif.

Desain Pintu Kayu: Gaya Klasik

model pintu minimalis elegan

Pintu kayu gaya klasik dengan menonjolkan daya tarik warna. Terlihat sangat menonjol dengan warna di sekelilingnya. Kombinasi pintu gaya klasik dengan sentuhan konpemporer. Desain pintu Neo-klasik.

Desain Pintu Kayu: Gaya Kontemporer

model pintu minimalis elegan

Bahan alami yang bertemu dengan minialisme, desain pintu gaya kontemporer yang menampilkan entry way yang impresif.

Tips Memilih Pintu Depan

desain pintu minimalis

Memilih pintu depan memiliki dua langkah utama. Pertama, pilih bahan pintu lalu, pilih gaya. Berikut adalah sepuluh tips yang setiap pemilik rumah harus mempertimbangkan ketika mereka memilih pintu depan. Lima yang pertama adalah petunjuk untuk memilih material pintu baru Anda dan lima berikutnya akan membantu Anda memilih gaya dan warna.

  1. Pintu baja adalah pilihan yang hemat biaya. Mereka sering memiliki insulasi busa, membuat mereka hemat energi, dan umumnya tidak mahal. Mereka memiliki lapisan cat yang baik, dan biasanya teksturnya halus.
  2. Daya tahan sebuah pintu sangat bergantung pada materialnya. Meskipun pintu kayu dianggap yang paling indah, mereka sensitif terhadap kelembaban dan matahari, yang membuat mereka kurang tahan lama daripada fiberglass atau baja.
  3. Anda dapat memilih dari berbagai jenis kayu, dan mewarnai warna untuk menonjolkan rumah Anda dengan indah.
  4. Pintu Fiberglass adalah opsi harga menengah yang berkompromi antara kayu dan baja. Fiberglass memiliki nilai insulasi tinggi, dan menawarkan berbagai tekstur dan gaya.
  5. Terlepas dari seberapa sering Anda menggunakan pintu depan Anda, itu adalah titik fokus dari rumah Anda. Penting untuk mempertimbangkan bagaimana pintu akan terlihat dalam konteks dengan warna dan tekstur rumah Anda yang lain.
  6. Pikirkan tentang warna mana yang cocok dipadukan dengan baik, dan mana yang tidak. Jika skema warna rumah Anda termasuk abu-abu, biru akan menjadi pilihan yang baik, sedangkan jika eksterior Anda berwarna coklat, merah akan menjadi pilihan yang tepat.

Pintu Anda harus mencerminkan estetika rumah Anda, sementara juga memenuhi kebutuhan praktis Anda. Jika Anda memperhatikan anggaran Anda, kebutuhan pemeliharaan Anda, dan preferensi gaya Anda, Anda akan mencapai keseimbangan yang akan membantu Anda memilih pintu depan yang sempurna.

Tips Memilih Warna Cat Pintu

pintu rumah minimalis terbaru

Memberi warna pintu depan Anda dapat menambahkan percikan warna ekstra ke rumah Anda. Namun, memilih warna yang tepat terkadang bisa rumit. Anda dapat memilih warna yang melengkapi warna lain di bagian luar rumah Anda, warna untuk mencerminkan kepribadian atau gaya Anda, atau warna yang cocok dengan gaya rumah Anda.

Mengevaluasi Warna Rumah Anda

motif pintu rumah minimalis

Lihat roda warna. Anda dapat menemukan roda warna online. Roda warna menunjukkan warna mana yang paling cocok satu sama lain. Pilih warna yang akan terlihat bagus dengan warna eksterior rumah Anda.

  • Untuk gaya monokromatik, Anda dapat memilih beberapa nuansa dengan warna yang sama. Misalnya, rumah merah bisa dipasangkan dengan pintu merah dengan warna yang sedikit berbeda.
  • Untuk kontras yang terang, pilih warna pintu sekitar 3 warna dari warna rumah Anda, dinding, atau warna eksterior lainnya.

Coba warna yang cerah untuk kontras dengan nuansa netral. Jika rumah Anda berwarna netral, ini memberi Anda banyak kebebasan saat memilih warna pintu.

Anda dapat menggunakan pintu Anda sebagai kesempatan untuk menambahkan warna ke rumah yang membosankan. Misalnya, pintu kuning dapat menambahkan sentuhan yang cerah dan ramah ke rumah yang dicat dalam warna gelap seperti abu-abu.

Evaluasilah warna lingkungan Anda. Anda mungkin tidak ingin rumah Anda menonjol terlalu banyak di lingkungan. Anda tidak ingin rumah Anda terlihat aneh atau tidak pada tempatnya.

Lakukan perjalanan cepat melalui lingkungan Anda dan periksa pintu depan orang lain. Lihat apakah ada skema tertentu atau warna yang tampaknya lebih dapat diterima.

  • Bilamana Anda melihat banyak pintu merah di sekitar rumah Anda, pertimbangkan warna ini untuk pintu depan Anda sendiri.
  • Jika Anda ingin menonjol sedikit, pilih sesuatu yang sesuai dengan skema warna tetapi unik.

Pikirkan tentang pencocokan dengan warna eksterior yang halus. Anda tidak harus mencocokkan secara ketat dengan warna cat atau pelapis Anda. Carilah warna eksterior halus yang ditemukan di luar rumah Anda. Misalnya, mungkin rel teras dicat kuning.

Anda bisa membuat pintu kuning yang cocok untuk menggambar semuanya bersama. Anda juga bisa melihat lis di dekat rumah Anda. Padukan pintu biru dengan lis biru. Atau, sesuaikan warna pintu depan Anda dengan warna pintu garasi Anda untuk menyatukan semuanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.